Ini 3 Waliyulloh 'Nyeleneh' Indonesia





1-  Al- Habib Syechan bin Musthofa Al Bahar salah satu Wali Jadzab (Nyelenih)
Siapa yang tidak kenal dengan sosok beliau, salah seorang dzuriah Rasulullah ﷺ , beliau adalah Al Habib Syechan bin Musthofa Al Bahar yang akrab dengan sebutan Wan Sehan. Seorang yang Sering sekali disebut-sebut oleh para Ulama dan para habaib ini sebagai Waliyullah yang Jadzab (nyeleneh) yang Sering Menghilang  Beliau Sangat susah dicari karena sering berpindah-pindah tempat dengan cepat.


Bahkan Al Habib Umar bin Hafidz (ulama yaman) Terkadang disela asyiknya mengajar santri di Tarim Yaman sering berkata. "kita kedatangan seorang Waliyullah Wan Syechan, Tapi tidak terlihat oleh para Jamaah.

Ada suatu kejadian yang lebih mengherankan lagi Di waktu Adzan maghrib berkumandang tepat di depan Musholla, Sang Habib Syechan itu membawa Gitar dan teriak teriak disaat jama'ah akan melangsungkan sholat maghrib.

Maka tentu saja hal ini membuat marah sang Marbot Mushollah, maka dengan lantangnya sang Marbot itu mencaci maki Habib Syechan habis habisan. Tiba tiba Habib Syechan menjepit leher Marbot tersebut dan di benamkan kedalam ketiaknya.

Dan tiba tiba Sang marbot itu menangis sambil mengatakan ”Saya lihat Masjidil Haram Di Makkah... Saya lihat Baitullah dan Ka’bah di Mekkah...". dan akhirnya si Marbot tersebut segera meminta maaf kepada Sang Habib Syechan.



2-  KH Kholilurrohman yang biasa di panggil Ra Lilur merupakan ulama yang sering didatangi orang penting negeri ini. Tak itu saja, warga biasa pun sering minta barokah hanya urusan sehari-hari, mulai dari urusan minta hari untuk pernikahan sampai minta obat alternarif, pilkades.
Kalau dirunut nasabnya ke atas, ia adalah cicit ulama besar Indonesia, KH Kholil Bin Abd Latief, atau Syaikhona Kholil Bangkalan, atau Mbah Kholil.

Bergelar Syaikhona, karena KH Kholil merupakan guru mayoritas ulama Indonesia.
Masyarakat Madura menilia Ra Lilur dalam maqom jadab. Dalam terminologi sufi (tassawuf), jadab merupakan suatu tahapan untuk mencapai tingkat karamah (keistimewaan) yang biasanya disebut wali.

Namun sebagian masyarakat menilai Ra Lilur adalah sudah mencapai tingkat wali. Mana yang benar? wallahu a’lam. Yang pasti, kiai ini memang luar biasa. Penampilannya yang sangat bersahaja – bahkan jauh di bawah kehidupan normal – membuat hati orang yang melihatnya bergetar. Wajahnya memang memancarkan Nur Ilahi. Ia bagai magnet kehidupan sehingga membuat orang lupa segala gemerlap duniawi. Duh, Gusti, inikah ulama sebenarnya? Ya, ia zuhud, tak perduli gemerlap duniawi dan tanpa pamrih. Hidupnya hanya untuk Allah, berkelana dari satu tempat ke tempat lain. Orang yang tak paham bisa jadi mengira ia gila. Maklum, penampilannya apa adanya. Apalagi perilakunya cenderung aneh. Ia kadang hidup di tengah laut, merendam diri sampai berhari-hari. Namun justru sikapnya inilah yang kemudian mengingatkan orang pada Nabi Khidlir.

3-  Habib Abu Bakar bin Segaf ini dikenal oleh warga sebagai orang yang jarang memakai baju, bahkan orang yang melihatnya sekilas akan menganggapnya seperti orang gelandangan, namun setiap orang yang pernah berjumpa dan bersalaman dengannya akan merasakan rindu.

Habib Abu Bakar bin Segaf ini diberi oleh Allah SWT keistimewaan yaitu air kencingnya bau wangi, dan beliau mengurung diri di dalam kamar kurang lebih 15 tahun tanpa makan dan minum, bahkan pernah beliau hanya memakai sarung dan loncat kedalam sumur, seketika yang tertinggal hanya sarungnya saja yang ada disumur, begitu dicari ternyata beliau sudah berada di makam kakeknya sambil memeluk batu nisannya yaitu Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf.

pernah suatu ketika habib abu bakar di ajak satu mobil untuk mengantar saudaranya mau melahirkan dan dalam perjalanan ada yg minta sebuah nama untuk si jabang bayi dan habib bilang kasih nama bayinya fatimah.semuanya di mobil bingung karena selama USG bayi adalah laki laki dan benar apa kata habib ternyata bayi yg lahir adalah perempuan. subhanallah…

https://www.youtube.com/channel/UCJygeEWZbzaHfJadL-5gYDA


Ini 3 Waliyulloh 'Nyeleneh' Indonesia Ini 3 Waliyulloh 'Nyeleneh' Indonesia Reviewed by redaksi-ta on November 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar